Skincare Mirukaku, Brand Lokal dari Usaha Sampingan Kini Jadi Sorotan

- Wartawan

Sabtu, 8 Juni 2024 - 01:49

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Skincare Mirukaku, Brand Lokal dari Usaha Sampingan Kini Jadi Sorotan. (Dok. Istimewa)

Skincare Mirukaku, Brand Lokal dari Usaha Sampingan Kini Jadi Sorotan. (Dok. Istimewa)

JAKARTA – Mirukaku, brand asli Indonesia telah menempuh perjalanan yang luar biasa hingga kini membuatnya jadi sorotan di TikTok dan diakui oleh banyak beauty enthusiast. Mirukaku berawal hanya dari usaha sampingan, kata Owner Mirukaku, Yuliandi kepada awak media, Sabtu (8/6/2024).

Mirukaku berdiri dari seorang karyawan yang memiliki pengalaman bekerja di beberapa perusahaan kosmetik, termasuk di salah satu brand kosmetik Korea yang terkenal. Owner Mirukaku tersebut memulai karirnya dari bawah sampai menjabat sebagai seorang manajer di perusahaan kosmetik, membuat sebuah ide dan inspirasi muncul untuk mendirikan bisnis kosmetiknya sendiri.

“Dorongan lainnya adalah keinginan untuk berkembang lebih jauh sebagai seorang manusia dengan berusaha di atas kaki sendiri. Bekerja sama dengan beberapa teman, dimulailah proses perencanaan dan percobaan sampai terlahir satu produk unggulan yang kini melambungkan nama Mirukaku CDHA Gold Serum Brightening Effect. Sayangnya, hal ini tidak bertahan lama karena pandemi COVID-19 yang melanda, sehingga pada tahun 2020 Mirukaku sempat vakum dan hanya menjadi bisnis sampingan,” kata Yuliandi.

Lebih lanjut Yuliandi mengatakan, pada tahun 2023 Mirukaku kembali mengalami kebangkitan dengan tekad yang kuat. Mirukaku mulai memasarkan produknya yang diawali dengan proses marketing tradisional. Mengandalkan reseller kecil dan promosi langsung kepada konsumen yang akhirnya berkembang dengan serius sampai ranah marketing modern yang juga bekerja sama dengan iBooming, platform digital marketing untuk melakukan pemasaran digital secara luas dan terukur.

Bermula dari produk Mirukaku C-DHA Gold Serum Brightening Effect, kini Mirukaku berkembang pesat dan menawarkan berbagai produk perawatan kulit termasuk moisturizer, toner dan sunscreen yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan. Perkembangan ini tidak lepas dari respons positif dan permintaan dari konsumen Mirukaku yang memberikan dorongan untuk terus berkembang dan menyediakan produk yang memenuhi kebutuhan mereka.

Meskipun Mirukaku tidak membatasi target pasar dalam segmen usia tertentu, namun mayoritas pengguna berada dalam rentang usia 18 hingga 50 tahun. Walaupun demikian, produk-produknya juga diminati oleh mereka yang di luar rentang usia tersebut, hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan akan perawatan kulit yang sehat tidak mengenal usia.

Seperti dijelaskan oleh Yuliandi, industri skincare di Indonesia dalam persaingan yang ketat, karena itu Mirukaku menonjolkan keunikan dan kekuatannya sebagai brand lokal yang diproduksi sepenuhnya di Indonesia. Konsep praktis dan aman, serta kualitas bahan baku yang dipilih dengan cermat, menjadi faktor utama yang membedakan Mirukaku dari brand lain. Meskipun terlibat dalam persaingan harga yang tajam, Mirukaku tetap berpegang pada prinsip bahwa kualitas tidak bisa dikompromikan.

“Dalam menghadapi persaingan dan tantangan seperti kebiasaan konsumen yang menginginkan hasil instan tanpa memperhatikan resiko, Mirukaku perlu tanggap dan kreatif dalam memberikan edukasi dan menjaga kualitas produk bagi konsumen,” kata Yuliandi.

Dalam menghadapi tren dan perubahan preferensi konsumen, Mirukaku terus mengikuti perkembangan terbaru dalam industri skincare tanpa mengabaikan kebutuhan konsumen sesungguhnya. Inovasi dan pengembangan produk terus dilakukan untuk memenuhi tuntutan pasar yang terus berkembang.

Melalui pemasaran digital yang aktif, termasuk endorsement oleh influencer dan memanfaatkan peran komunitas influencer dengan iBooming, Mirukaku berhasil menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan. Pencapaian terbaik yang telah diraih adalah mampu memosisikan diri sebagai salah satu pemain utama dalam industri skincare lokal, dengan harapan untuk terus berkembang dan dikenal secara global.

“Menghadapi perubahan tren kedepannya, kami siap menghadapi tantangan tren dengan berinovasi dan mendengarkan kebutuhan konsumen, karena kami yakin kualitas yang baik dan pendekatan yang berkelanjutan dalam menjalani bisnis adalah jalan untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi,” kata Yuliandi.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

Berita Terkait

Maxim Gandeng Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia Gelar Cek Kesehatan Gratis Untuk Puluhan Mitra Driver
Senada Digital Records Rilis Lagu Janice Felicia “Bahagia Itu Mama Papa”, Motivasi untuk Orang Tua Anak Down Syndrome
Iftar Party dan Parindo Jabar Awards 2025 Sukses Digelar, Siap Jadi Pusat Branding MC
Cahaya di Tengah Kegelapan “Jangan Pernah Putus Asa”
Bersama Kementerian Ketenagakerjaan, Maxim Salurkan Bonus Hari Raya untuk Mitra Pengemudi
Jelang Perayaan Idulfitri, Maxim Berikan Bantuan Sembako Kepada Mitra Pengemudi Yang Membutuhkan Di Jawa Barat
Wyndham Casablanca Jakarta Rayakan Earth Hour 2025 dengan Pertunjukan “Save the Earth – Preserve the Culture”
Peringati Nuzulul Qur’an, Bupati Takalar Daeng Manye :  Mari Tingkatkan Amal Ibadah dan Perbanyak Membaca Al-Qur’an

Berita Terkait

Rabu, 14 Mei 2025 - 12:03

Polemik Pembangunan TPT di Desa Karangrejo: Antara Janji dan Kenyataan

Rabu, 14 Mei 2025 - 05:10

Warga Rejoso keluhkan dampak limbah pengrajin tahu

Minggu, 11 Mei 2025 - 04:49

Polemik Tambang di Sumberagung: Ketika Tanah Warga Tergerus Keserakahan

Sabtu, 10 Mei 2025 - 04:29

Kegiatan Rutin Santunan Anak Yatim dan Dhuafa Oleh LSM GMBI DISTRIK Gresik

Jumat, 9 Mei 2025 - 12:08

Rejotangan: Lahan Basah Penambang Galian C, Hukum Diam?

Kamis, 8 Mei 2025 - 09:59

Posyandu Pelita Harapan Desa Tanjungrejo Laksanakan Posyandu ILP

Rabu, 7 Mei 2025 - 13:07

Oknum Pejabat Marah, Wartawan Diancam: Ada Apa Dengan TRANSPARANSI?

Rabu, 7 Mei 2025 - 07:58

Harapan Semu di Ujung Jalan: Kala Infrastruktur Publik Dikorbankan Demi Rumah Dinas Kejaksaan

Berita Terbaru

H.M. Zajrul jihad, S.H., M.Si Ketua komisi C DPRD Jombang (berpeci hitam)

JAWA TIMUR

Warga Rejoso keluhkan dampak limbah pengrajin tahu

Rabu, 14 Mei 2025 - 05:10